Jumat, 30 September 2011

Fakta Menarik Dari Makanan

Makanan asli Indonesia sangat beragam, apalagi dengan tambahan makanan dari asing (Asia, Eropa, Amerika) membuat makanan yang masuk di pasaran sangar beragam. Tetapi apakah anda tahu, jika makanan yang kita makan sehari-hari ternyata menyimpan beberapa fakta unik yang mungkin tak pernah kita sadari. Apa saja keunikan dari makanan, berikut saya sajikan 24 fakta unik tentang makanan yang mungkin anda tahu :
  1. Sereal pertama yang dijadikan sarapan rupanya terbuat dari gandum KW2 alias yang sudah tidak utuh lagi.
  2. Nama bawang ternyata diambil dari bahasa Latin yang berarti mutiara berukuran besar.
  3. Setengah dari penduduk dunia ternyata bahan makanan pokoknya ialah beras.
  4. Makanan cepat saji (fast food) ternyata bukan hal yang baru. Sisa-sisa kedai fast food ternyata juga ditemukan di antara reruntuhan puing-puing kota kuno. Bahkan, bangsa Yunani kuno pun terbukti amat menyukai kebiasaan makan cepat saji ini. Yang dapat dibilang baru hanyalah jenis produknya yang dibuat secara massal dengan pilihan menu yang dibuat sesuai standar. Dan juga resepnya yang ditetapkan dalam sistem berantai.
  5. Keripik kentang ternyata ditemukan oleh seorang Indian di Amerika Utara yang bernama George Crum.
  6. Di sepanjang hidupnya, setiap orang rata-rata menghabiskan 35 ton makanan.
  7. Es krim ternyata merupakan makanan Cina. Ketika Marco Poli kembali ke tanah asalnya, Italia, dari Cina pada tahun 1295, selain membawa aneka benda, ia pun membawa serta sebuah resep. Resep ini tak lain resep hidangan penutup warga Cina yang terkenal dengan sebutan “es susu”. Kemudian, bangsa Eropa mengganti susu dengan krim sekaligus mengubah sebutannya menjadi “es krim”. Sejak itulah es krim menjadi hidangan yang laris manis dan disukai siapa saja.
  8. Kopi instan ternyata bukan barang baru karena keberadaannya sudah ada sejak pertengahan abad ke-18.
  9. Warga Prancis ternyata menghabiskan kira-kira 500 juta ekor siput setiap tahun untuk hidangan escargot.
  10. Wortel ternyata benar-benar dapat membantu ketajaman mata di saat berada dalam kegelapan. Vitamin A dikenal sebagai pencegah rabun senja dan wortel kaya akan kandungan vitamin A.
  11. Jeruk lemon ternyata mengandung gula lebih banyak dibandingkan stroberi.
  12. Waspadalah, tidak kurang dari sekitar 100 ribu bakteri terdapat dalam 1 liter air minum.
  13. Air yang Anda minum sebetulnya sudah pernah diminum oleh orang lain sebelumnya, bahkan mungkin sudah sekian banyak yang meminumnya berulang kali.
  14. Krim ternyata lebih cair daripada susu.
  15. Pendiri McDonald ternyata seorang pemegang gelar kesarjanaan di bidang ilmu yang mendalami seluk-beluk hamburger.
  16. Menu chop-suey ternyata bukan berasal dari dataran Cina, tetapi merupakan kreasi seorang imigran Cina yang tinggal di California.
  17. Katanya, Anda akan merasa lebih lapar ketika sedang berada di daerah yang mempunyai udara dingin. Hal itu ternyata hanya sebatas mitos saja. Selera makan sama sekali tidak dipengaruhi oleh suhu udara atau temperatur.
  18. Saus yang digunakan penduduk Frankfurt (Jerman) untuk makan ternyata dikreasikan pertama kali di Cina.
  19. Membiarkan susu dalam keadaan terbuka diterpa sinar matahari selama 2 jam saja akan menghilangkan sekitar 2/3 kandungan vitamin B.
  20. Makanlah tomat bersamaan dengan burger. Pertimbangannya, bila sumber vitamin C (jeruk, anggur, stroberi, tomat dan sejenisnya) dimakan bersama daging atau kacang-kacangan yang sudah dimasak, tubuh akan lebih mudah menyerap zat besi yang terkandung di dalam makanan berprotein tersebut.
  21. Kata “gaji” atau dalam bahasa Inggris salary ternyata berasal dari kata “garam” atau salt. Sebagai bahan pengawet tertua, di masa lalu garam justru sangat sulit ditemukan. Saking jarangnya, dalam keseharian garam justru kerap dijadikan sebagai alat tukar pembayaran. Bayangkan, untuk mendapat 1 sendok makan garam harus dibayar dengan kerja keras seharian penuh. Berbeda dengan zaman sekarang, dimana garam begitu melimpah dan mudah didapat dengan harga relatif sangat murah. Bahkan, tidak sedikit yang justru menghindari asupan garam dalam makanannya.
  22. Dibutuhkan 3.500 kalori untuk membentuk 1 pon lemak tubuh. Jadi, tetaplah aktif bergerak untuk membakar kalori yang masuk ke dalam tubuh, sehingga kalori tidak mudah berubah menjadi timbunan lemak.
  1. Di zaman dahulu, kacang ternyata digunakan untuk pembuatan dinamit.
  1. Menyajikan ikan dengan irisan jeruk lemon rupanya sudah menjadi tradisi sejak abad pertengahan. Orang percaya, rasa asam yang terkandung dalam jeruk lemon dapat menghancurkan tulang yang mungkin saja ikut tertelan

Inilah bbrapa fakta unik ttg makanan..
d comment ya.... #happy readings

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda