Jumat, 30 September 2011

Tempat Wisata Belitung Timur


Tempat Wisata Belitung TimurDi bawah ini adalah catatan awal tentang Tempat Wisata Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung. Belitung Timur, dengan kode area telepon 0719, berbatasan dengan Laut Natuna di Utara, Laut Jawa di Selatan, Sijuk, Badau dan Membalong di Barat, serta Selat Karimata di Timur.


Belitung Timur, yang beribukota Manggar, pernah menjadi lokasi pertambangan timah sejak masa kolonial Belanda hingga masa Orde Baru, dan merupakan tempat dimana setting novel “Laskar Pelangi” yang ditulis Andrea Hirata dibuat.
Bandoeng River, Belitung Timur
Tempat Wisata Belitung TimurTempat Wisata Belitung Timur di Kecamatan Manggar, di pusat Kota Manggar, merupakan wisata air yang menyediakan jetsky, banana boat, sepeda air, sky air, dan kantin terapung.
Bendung Pice, Belitung Timur
Tempat Wisata Belitung TimurTempat Wisata Belitung Timur peninggalan Belanda yang terletak di hulu Sungai Lenggang, Kota Gantung, merentang sepanjang 50 m, dibangun pada 1936-1939, oleh arsitek berkebangsaan Belanda bernama Vance.
Danau Mempayak, Belitung Timur
Wisata Belitung TimurTempat wisata Belitung Timur di Desa Menpaya, di kaki gunung dengan panorama alam, air jernih dan tenang sehingga pengunjung bisa berenang, memancing atau naik perahu.
Gunung Bulong, Belitung Timur
Wisata Belitung TimurTempat Wisata Belitung Timur yang sesuai bagi yang menyukai hiking. Selain dihiasi bebatuan terjal, dari tempat wisata ini pengunjung dapat menyaksikan pemandangan dan susunan batu yang menyerupai singgasana.
Kepulauan Memperak, Belitung Timur
Wisata Belitung TimurTempat Wisata Belitung Timur dengan terumbu karang dan berbagai macam jenis ikan. Pengunjung bisa melakukan diving, snorkeling, hiking, memancing, berenang dan berjemur di pantai.
Malang Lepau, Belitung Timur
Wisata Belitung TimurTempat wisata Belitung Timur di Desa Mengkubang, Kec Manggar, 18 Km dari pusat kota Manggar, dengan panorama alam hutan, situs bersejarah “Gunung Betarak” yang digunakan orang untuk bertapa.
Museum Buding, Belitung Timur
Tempat Wisata Belitung TimurTempat wisata Belitung Timur di Desa Buding, Kec Kelapa Kampit, menyimpan benda-benda bersejarah peninggalan kerajaan kuno di Belitung.
Pantai Batu Lalang, Belitung Timur
Wisata Belitung TimurTempat wisata Belitung Timur di Kec Dendang, 39 Km dari Simpang Pesak, dengan bebatuan, pasir putih dengan air laut bening dan tenang.
Pantai Bukit Batu, Belitung Timur
Wisata Belitung TimurTempat Wisata Belitung Timur di Desa Burung Mandi, 2 km dari Pantai Burung Mandi, 18 km dari Kota Manggar, berpasir putih, dengan serakan batuan granit.
Pantai Burung Mandi, Belitung Timur
Wisata Belitung TimurTempat Wisata Belitung Timur berupa pantai berpasir kecoklatan, tanpa batu granit besar, dengan pemandangan perahu nelayan, laut biru, dan panorama Gunung Burung Mandi.
Pantai Nyiur Melambai, Belitung Timur
Wisata Belitung TimurTempat wisata Belitung Timur di Desa Lalang, Kec Manggar, dengan pantai memanjang dinaungi pohon kelapa serta pohon cemara, perahu tradisional, taman bermain, volly pantai, dll.
Pantai Pulau Punai, Belitung Timur
Wisata Belitung TimurTempat wisata Belitung Timur di ujung selatan Pulau Belitung, 18 Km dari Kec Dendang, dengan pasir bersih, laut biru tenang, pepohonan kelapa di sepanjang pesisirnya, sehingga pengunjung bisa berenang, memancing dan snorkeling.
Pantai Sengaran, Belitung Timur
Wisata Belitung TimurTempat wisata Belitung Timur di Kec Kelapa Kampit, berhadapan langsung dengan Laut Cina Selatan, dengan panorama hutan bakau, pasir putih, dan suasana alam.
Pantai Serdang, Belitung Timur
Wisata Belitung TimurTempat wisata Belitung Timur di pusat Kota Manggar, dengan lebar garis pantai ketika pasang 3 m, dan ketika surut 5 m, berpasir putih dengan laut biru tenang, dan pemandangan pohon pinus.
Pulau Buku Limau, Belitung Timur
Wisata Belitung TimurDi tempat wisata Belitung Timur ini pengunjung bisa berenang, menyelam, memancing dan berjemur. Pantai ini berpasir putih dengan terumbu karang yang indah, selain itu wisatawan juga dapat meyaksikan proses pembuatan ikan asin.
Pulau Nangka, Belitung Timur
Wisata Belitung TimurTempat Wisata Belitung Timur dengan suasana alami dan panorama alam yang masih asri; pada bulan Maret dan April dapat menyaksikan penyu-penyu bertelur dipulau ini.
Rumah Dinas Bupati, Belitung Timur
Tempat Wisata Belitung TimurTempat wisata Belitung Timur di Bukit Samak Manggar. Rumah ini dulunya milik PT. Timah yang dibangun pada zaman Belanda.
SD Muhamadiyah, Belitung Timur
Wisata Belitung TimurTempat Wisata Belitung Timur yang menjadi salah satu pusat pengambilan gambar film Laskar Pelangi.
Sukma Alam, Belitung Timur
Tempat Wisata Belitung TimurTempat wisata Belitung Timur yang menyajikan panorama alam yang indah, dengan air terjun, perkebunan lada, kolam pemandian alam, dan rumah makan.
Vihara Dewi Kwan Im, Belitung Timur
Tempat Wisata Belitung TimurTempat wisata Belitung Timur di Desa Burung Mandi, Kecamatan Manggar yang dibangun pada tahun 1747, dan karena lokasinya berada di atas bukit, pengunjung bisa melihat panorama Pantai Burung Mandi.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda